Pernah Gagal Bukan Berarti Kamu Payah. Tuhan Hanya Sedang Menguji, Setangguh Apa Kamu Ini

Pernah GagalBukan Berarti Kamu Payah. Tuhan Hanya Sedang Menguji, Setangguh Apa Kamu Ini

Pernah mengalami apa itu yang dinamakan keterpurukan?
Pernah terlarut lama dalam kertepurukan?Pernah gagal?
Lantas merasa diri tak bisa. Pernah nyaris putus asa sampai mencela bahkan merendahkan diri sendiri karena gagal? Usaha
yang dilakoni gagal terus hingga berubah frustasi?

Sama, penulis juga pernah. Terpuruk adalah masa dimana kita tidak bisa apa-apa, merasa susah untuk bangkit. Bangkit kembali, dengan semangat baru memanglah bukan perkara mudah ketika sedang terpuruk. Tapi tidak mudah bukan berarti tidak bisa, ada jalan asal ada kemauan. Pikiran kacau, hati gelisah karena khawatir itu wajar. Tapi apa kita mau seperti itu terus?

Pernah dengar ungkapan yang kira-kira begini bunyinya,
Habiskan dulu jatah gagalmu.”

Mereka adalah si cerdik yang mampu mengatasi kekalahan dengan cermat. Mereka adalah si tangguh yang mampu bangkit meski dengan beban sekalipun. Mereka adalah sijuara yang lahir dari kekalahan, kekalahan terdahulu. Menyesal terlalu lama itu tiada guna, terlarut terlalu lama karena kegagalan terdahulu bukanlah hal patut dibenarkan. Kini saatnya kamu bangkit, berdiri tegak, mulailah melangkah, mencoba jalan yang baru.

Jangan takut gagal! Pernah gagal itu bukan aib,pernah terjatuh itu bukan berarti tak mampu. Justru kegagalan adalah bukti kamu pernah mencoba, jatuh dan kembali bangkit adalah bukti kamu manusia tangguh. Mereka yang besar tidak lahir dari kecil, mereka yang berhasil kini adalah mereka yang telah mampu menemukan jalan suksesnya. Kamu juga bisa, kalau kamu mau. Gagal bukan alasaan untuk frustasi, justru gagal adalah alasan untuk menemukan jalan lain demi meraih apa yang telah dicita-citakan.

Memaki, bahkan merendahkan diri sendiri karena berjumpa dengan kegagalan bukan hal yang patut dibenarkan. Lagipula untuk apa kamu mencela dirimu sendiri? Apa akan merubah keadaan? Sama sekali tidak. Hei, ini bukan salahmu, hanya saja mungkin ini bukan jalanmu. Bangkitlah! Bangkit dan temukan jalanmu, bangkit dan pilihlah jalan baru.

Ada cara lain yang belum kamu temukan. Yang perlu kamu catat dalam pikiranmu, Bukan kamu tidak bisa, hanya belum bisa. Bukan kamu tidak mampu, hanya belum mampu . Bukan kamu tidak berhasil, hanya belum menemukan cara. Bukan kamu tidak sukses, hanya belum menemukan jalan suksesmu. So, bangkitlah! Raih mimpimu, kejar suksesmu karena kamu mampu.