12 Pantai Pacitan Yang Mempesona

Pacitan Memiliki Pantai Yang Tidak Kalah iNdah Dengan Pantai Luar Negeri

pacitan

Pacitan Memiliki Pantai Yang Tidak Kalah iNdah Dengan Pantai Luar Negeri.Pacitan bukan hanya terkenal dengan goanya saja, lho! Potensi wisata alam di kabupaten ini bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling mengesankan di Jawa Timur, terutama bila berbicara pantai di Pacitan.

Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui seperti apa keindahan pantai di Pacitan. Padahal, banyak di antaranya yang menunjukkan kekhasan dan keunikan, yang bisa membuat siapapun yang mengunjunginya bakal terkagum-kagum.

Ingin tahu seperti apa keindahan alam pantai-pantai di Pacitan, yang menjadi teras Laut Selatan, lihat saja daftar 26 pantai yang indah dan mengesankan.

1. Pantai dengan air terjun kecil – Pantai Ngandul

pacitan
Pantai dengan air terjun kecil – Pantai Ngandul

Bisa dikatakan pantai ini tersembunyi dari khalayak. Jarak dari pusat kota Pacitan juga cukup jauh, sekitar 40 kilometer. Setelah melakukan trekking selama beberapa menit, kamu akan menemukan pantai dengan tebing yang langsung berbatasan dengan laut lepas.

pacitan
Pantai dengan air terjun kecil – Pantai Ngandul

Tidak ada pasir pantai yang putih, melainkan hanya karang dan tebing. Namun adanya sungai dan air terjun kecil yang langsung menjatuhkan airnya ke laut yang menjadikan Pantai Ngandul ini begitu spesial pemandangannya.

Lokasi: Widoro, Donorojo, Kalak, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR per orang melalui Pantai Buyutan

2. Pacitan Flying Fox seru di atas pantai – Pantai Taman

pacitan
Flying Fox seru di atas pantai – Pantai Taman

Berjemur, bermain air dan pasir sudah menjadi kegiatan umum yang dilakukan di pantai. Tapi di Pantai Taman Ngadirojo, kamu ditantang melakukan aktivitas ekstrim, ber-flying fox dari ketinggian. Wow!

Konon, jalur flying fox ini menjadi yang terpanjang di Indonesia, dengan 415 meter dari ketinggian 74 meter dan kecepatan luncur mencapai 50 km/jam. Jadi, dari puncak hingga ke titik akhir, hanya butuh 30 detik slide. Berani mencoba?

Lokasi: Hadiwarno, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 3,000 IDR untuk anak-anak dan 5,000 IDR untuk dewasa

3. Pantai ngehits dengan beragam wahana wisata – Pantai Teleng Ria

pacitan
Pantai ngehits dengan beragam wahana wisata – Pantai Teleng

Pantai di Pacitan ini cukup ngehits bagi warga lokal dan pendatang, bahkan kerap dijadikan jujukan bila berwisata di akhir pekan. Maklum, banyak wahana wisata yang ditawarkan untuk memanjakan pengunjungnya.

pacitan
Pantai ngehits dengan beragam wahana wisata – Pantai Teleng

Di pantai ini, kamu bisa belajar berselancar, bermain di waterpark mini Kampoeng Aeir atau berfoto di Kampoeng Cemara yang cukup Instagenik.

Lokasi: Balong, Sidoharjo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR untuk hari biasa dan 10,000 IDR di akhir pekan dan hari libur

4. Semburan air unik dan ombak eksotik – Pantai Klayar

pacitan
Semburan air unik dan ombak eksotik – Pantai Klayar

Setiap pantai di Pacitan memiliki keunikannya tersendiri, seperti di Pantai Klayar yang identik dengan semburan air yang unik dan gulungan ombak yang eksotik.

pacitan
Semburan air unik dan ombak eksotik – Pantai Klayar

Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang yang ada di permukaan. Sementara ombak besar di pantai ini bisa kamu nikmati setiap saat. Tertarik menemukannya?

pacitan
Semburan air unik dan ombak eksotik – Pantai Klayar

Lokasi: Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR untuk hari biasa dan 10,000 IDR untuk akhir pekan dan hari libur

5. Formasi karang beraneka ragam – Pantai Buyutan

pacitan
Formasi karang beraneka ragam – Pantai Buyutan

Jika kamu tertarik menikmati bebatuan karang yang bentuknya beraneka ragam bisa langsung menuju ke Pantai Buyutan. Pemandangan di salah satu pantai di Pacitan ini cukup eksotis, lho!

pacitan
Formasi karang beraneka ragam – Pantai Buyutan

Masih diwarnai kencangnya tiupan angin, Pantai Buyutan menyuguhkan pemandangan bebatuan karang yang kokoh menghadang derasnya gelombang Laut Selatan. Kamu juga bisa menikmati sunset yang eksotis di pantai ini.

Lokasi: Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

6. Melihat monumen laut yang mengesankan – Pantai Pangasan

pacitan
Melihat monumen laut yang mengesankan – Pantai Pangasan

Tidak bisa dimungkiri, keberadaan batu karang yang menjulang tinggi menghadap ke Laut Selatan menjadikan Pantai Pangasan menjadi salah satu pantai di Pacitan dengan monumen laut yang mengesankan.

Untuk mencapai ‘landmark‘ dan pantai Pangasan ini cukup sulit, mengingat belum ada jalan dengan kualitas bagus di sini. Namun, itu berarti pantai Pangasan juga tersembunyi dan masih menyimpan kealamian di lingkungannya.

Lokasi: Kalipelus, Kebonagung, Kalipelus, Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: Gratis

7. Pantai perawan yang alami – Pantai Kali Uluh

pacitan
Pantai perawan yang alami – Pantai Kali Uluh

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai di Pacitan ini, yang membuat kealamian dan keasriannya terjaga. Pantai ini juga menawarkan kesan yang santai dan menenangkan.

Siapa yang tidak senang bisa menyaksikan gulungan ombak Laut Selatan sambil bersantai di pasir putih dengan nuansa yang sejuk?

Lokasi: Area Sawah & Hutan, Klesem, Kebonagung, Pacitan
Harga tiket: Gratis

BACA JUGA : Minum Bubble Tea Dijepit Dada,Bubble Tea Challenge Viral Di Jepang

8. Spot menikmati sunrise dan sunset asyik di Pacitan – Pantai Srau

pacitan

Pantai Srau memiliki tiga bagian yang bisa kamu jelajahi seharian. Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, bagian barat untuk matahari terbenam dan tengah dengan pemandangan Laut Selatan yang aduhai.

pacitan

Letaknya yang cukup tersembunyi dan sulit dijangkau membuat Pantai Srau juga menghadirkan pesona yang alami. Karang di tengah lautan yang dihantam ombak ikut menambah eksotisme pantai Srau ini.

Lokasi: Candi, Pringkuku, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: Gratis

9. Pantai dengan air terjun unik – Pantai Banyu Tibo

pacitan
Pantai dengan air terjun unik – Pantai Banyu Tibo

Pantai dengan air terjun yang langsung tercurah ke laut selalu menjadi pemandangan yang unik, pun demikian di Pantai Banyu Tibo, Pacitan.

pacitan
Pantai dengan air terjun unik – Pantai Banyu Tibo

Dengan bibir pantai yang tidak terlalu panjang, pantai di Pacitan ini menjadikan air terjun sebagai main attraction-nya. Namun sejatinya banyak keindahan lain yang ditawarkan di pantai ini, seperti lanskap yang keren dan kubangan air di tengah karang. Wow!

Lokasi: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

10. Pantai pribadi buat kamu – Pantai Sruni

pacitan
Pantai pribadi buat kamu – Pantai Sruni

Ingin merasakan suasana pantai yang serba privat di Pacitan, kamu bisa melipir ke Pantai Sruni yang tersembunyi.

Dengan pasir putih, bebatuan hitam dan ombak khas Laut Selatan, pantai di Pacitan ini menghadirkan panorama yang masih alami. Selain itu, nuansa yang tenang bisa kamu dapatkan jika ingin mencari tempat pelarian yang mengesankan.

Lokasi: Ngobyogan, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: Gratis

11. Pantai yang disembunyikan tebing karang – Pantai Langitan

pacitan
Pantai yang disembunyikan tebing karang – Pantai Langitan

Tidak mudah menemukan pantai ini karena letaknya yang memang tersembunyi di balik tebing karang yang menjulang. Karena alasan itu pula atmosfer alami begitu kental terasa di sini.

Pantai Langitan menyuguhkan panorama pantai yang menyerupai teluk kecil, dengan menjorok ke dalam, berpasir putih yang lembut dan banyak memiliki batu karang. Untuk bisa sampai ke pantainya, kamu juga harus menuruni bukit yang terjal dan harus ekstra waspada jika tidak ingin celaka.

Lokasi: Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan
Harga tiket: Gratis

12. Batu Bolong-nya Pacitan – Pantai Karang Bolong

pacitan

Pantai Batu Bolong begitu terkenal di Canggu, Bali, sementara tiruannya yang tidak kalah eksotis adalah pantai Karang Bolong di Pacitan. Ada air terjun yang langsung ke lautnya juga, lho!

pacitan

Secara penampakan, panorama yang disuguhkan sama, yaitu karang dengan rongga besar di bagian bawah. Namun pesona yang ditawarkan bukan itu saja. Mulai dari pemandangan pantai Karang Bolong secara keseluruhan, air terjun unik hingga momen menikmati sunset yang syahdu menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati pantai ini.

Lokasi: Karang Bolong, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan
Harga tiket: 5,000 IDR per orang