Makanan Khas Daerah di Indonesia

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Informasi Terkini ~ Makanan Khas Daerah di Indonesia, seperti diketahui oleh masyarakat Indonesia bahwasannya daerah suku kita memiliki beragam ciri khas masakan daerah, mulai dari sabang sampai marauke.

Keberagaman masakan ini merupakan kekayaan leluhur yang wajib kita lestarikan agar tidak hilang atau pun di akui oleh negara lain sebagai budayanya.

Makanan Khas Daerah di Indonesia

  1. Makanan Khas Daerah Aceh

Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Makanan ini kaya bumbu dan nikmat abis.

2. Makanan Khas Daerah Sumatera Utara

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan adalah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget lho!

Kadang juga dijual dengan rasa lain, seperti durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.

3. Masakan Khas Daerah Sumatera Barat

Sumatera Barat terkenal dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyak rempahnya ini mempunyai rasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri.

4. Makanan Khas Daerah Jambi

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.

5. Makanan Khas Daerah Bengkulu

Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.

6. Makanan Khas Daerah Riau

Gulai belacan salah satu masakan khas dari Riau, gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau biasa disebut terasi. Bahannya biasanya memakai udang atau ikan.

7. Makanan Khas Daerah Banten

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Sate Bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Sate bandeng menggunakan gula coklat dan santan. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

8. Makanan Khas Daerah Sunda Jawa Barat

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Mengenai nasi lengko, olahan tersebut merupakan perpaduan antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan, seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan saus kacang yang memiliki rasa gurih.

Dan bagi kalian yang ingin mengetahui makanan-makanan khas daerah lainnya, jangan lupa selalu ikutin ya guys.

~InformasiMakananKhasDaerah