Lima Negara Tertua di Dunia Yang Paling Terkenal

Lima Negara Tertua di Dunia Yang Paling Terkenal

Informasi Terkini ~ Inilah Lima Negara Tertua di Dunia, Manusia sudah ada di dunia selama jutaan tahun. Namun, manusia modern seperti kita sekarang ini baru ada di dunia diperkirakan sejak 300.000 tahun yang lalu. Meskipun begitu, konsep kehidupan bernegara tidak sama umurnya dengan kehadiran manusia di dunia ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia sendiri baru terbentuk pada 73 tahun yang lalu. Sementara negara tertua di dunia sudah ada sekitar 5100 tahun yang lalu. Apa saja negara-negara tertua di dunia tersebut?

Inilah Lima Negara Tertua di Dunia

  1. Yunani

Lima Negara Tertua di Dunia

Pada tahun 800 SM, peradaban modern mulai tercipta di Yunani. Pada periode tersebut bangsa Yunani membuat kemajuan yang sangat pesat dalam bidang seni, puisi, teknologi, dan yang paling penting adalah Polis, yaitu sebuah kota independen yang memiliki batasannya sendiri seperti sebuah negara. Polis menjadi dasar kehidupan politik Yunani selama ratusan tahun.
Pada periode tersebut, abjad Yunani juga dikembangkan dan institusi demokrasi juga berdiri. Negara Yunani dipimpin bergiliran oleh kekuasaan yang berbeda. Setelah era Yunani kuno, Yunani ada di bawah kekuasaan Romawi, Byzantium, Ottoman, dan Yunani yang ada sekarang baru berdiri sejak tahun 1821.
2. Ethiopia
On_The_Road_To_Simien_Mountains_National_Park,_Ethiopia_(2446794591).jpg
Meskipun manusia sudah ada di Ethiopia sejak 3,4 juta tahun yang lalu, ternyata struktur sosial yang lebih kompleks baru ditemukan sekitar tahun 980 SM di negara tersebut. Saat itu, Kerajaan D’mt berkuasa di Ethiopia dan mengembangkan sistem irigasi, penggunaan bajak, menanam sereal, dan membuat peralatan dari besi serta senjata.
Setelah D’mt runtuh, Kerajaan Aksumite berkuasa sejak tahun 100 sampai 940. Kemudian digantikan oleh Dinasti Zagwe, Dinasti Solomonic, dan pemimpin monarki lainnya sampai tahun 1974. Menariknya, Ethiopia adalah negara di Afrika yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa.

3. India

Lima Negara Tertua di Dunia
Manusia mulai hidup di dataran India sejak tahun 3300 SM. Meskipun saat itu mereka telah menciptakan peradaban modern mula-mula, awal terbentuknya India ternyata lebih telat dari itu, yaitu sekitar 1500 SM-600 SM. Periode peradaban itu disebut dengan Peradaban Weda yang namanya diambil dari Kitab Weda. Pada periode tersebut, fondasi Hindu ditemukan dan juga beberapa aspek budaya India yang masih bertahan sampai sekarang.

Inilah Negara-Negara Tertua Di Dunia

Kerajaan pertama yang berdiri adalah Janapada pada tahun 1200 SM sampai akhir periode Weda. Setelah periode tersebut, munculah Hindu, Jainisme, Buddha, dan awal dari dinasti yang memimpin India selama 3000 tahun lamanya. Sementara India yang sekarang terbentuk pada tahun 1947 setelah memperoleh kemerdekaanya dari Inggris.
4. China
Beijing_China_Forbidden-City-01.jpg
Dinasti pertama di China, Dinasti Xia, ada sekitar tahun 2070 SM-1600 SM. Meskipun begitu, untuk waktu yang cukup lama, eksistensi Dinasti Xia tidak diketahui kebenarannya karena tidak adanya bukti-bukti nyata yang merujuk periode tersebut. Dinasti Xia awalnya hanya disebutkan dalam cerita-cerita dongeng tua. Namun penggalian yang dilakukan pada tahun 1960-an dan 1970-an membuat orang-orang semakin percaya bahwa Dinasti Xia bukanlah mitos belaka.
Dinasti terakhir di China, Dinasti Qing, berakhir pada tahun 1912 ketika sistem republik dibentuk. Sementara Republik Rakyat China yang ada sekarang didirikan pada tahun 1949.

5. Mesir

All_Gizah_Pyramids.jpg
Lalu apakah negara paling tua di dunia? Jawabannya adalah Mesir. Peradaban mesir kuno dapat ditelusuri sejauh 6000 SM ketika kelompok pemburu bermukim di lembah sungai Nil.
Meskipun begitu, dinasti pertaman Mesir baru ada sejak 3100 SM yang menjadikannya sebagai negara paling tua di dunia. Pada periode tersebut, Mesir bagian atas dan bagian bawah disatukan oleh satu kerajaan yang dipimpin oleh Raja Menes. Menes sebenarnya kata dalam Bahasa Mesir yang berarti penemu. Para ahli sejarah percaya bahwa nama raja saat itu bukanlah Menes tapi Narmer.
Raja tersebut mampu mengontrol Sungai Nil yang sangat panjang dan mendirikan ibu kota di Memphis, sebuah kota yang saat ini ada di dekat Kairo. Dinasti di Mesir bertahan selama 3000 tahun lamanya sampai mereka dikalahkan oleh Alexander Agung pada tahun 332 SM. Sementara negara Mesir yang modern saat ini baru ada sejak tahun 1953 setelah terjadinya Revolusi Mesir di tahun 1952.
Dan bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang negara-negara tertua lainnya, jangan lupa selalu ikutin ya guys.