4 Hewan Tertua dengan Umur Terpanjang Ratusan Tahun Hingga Abadi

4 Hewan Tertua dengan Umur Terpanjang Ratusan Tahun Hingga Abadi – Ini disebut-sebut sebagai “makhluk abadi”. Saking lamanya menghuni muka bumi, mereka sudah eksis dari jaman nenek kita masih pejawan tingting sampai nanti kita punya anak, cucu, cicit sekalipun. Ajaibnya lagi, selain panjang umur wajah mereka juga tetap awet muda seolah tak lekang dimakan waktu. Ok sahabat kejadiananeh.com, gak kelamaan langsung saja kita garukk!

1. Kerang geoduck (Panopea generosa)

Hewan Tertua

Berhabitat di laut, Kerang Geoduck yang mirip bentuk tubuhnya dengan belalai lanang ini rata-rata umurnya bisa mencapai 140 tahun. Selain bentuk tubuhnya yang unik Geoduck juga dijuluki sebagai kerang terbesar di dunia, karena ukuran tubuhnya yang super jumbo 15 cm, 20 cm sampai 1 meter. Dan penemuan terakhir Kerang Geoduck sepanjang 1,2 meter oleh para ahli biologi laut diketahui umurnya sudah berusia 168 tahun.

2. Kura-kura Tertua di Dunia 

Kura-kura si tua keladi memang dikenal sebagai salah satu hewan berumur panjang yang bisa mencapai ratusan tahun. Salah satu contohnya Adwaita, kura-kura raksasa berjenis Aldabra giant tortoise dari India ini. Adwaita pertama kali ditemukan sekitar tahun 1700 an di sebuah kepulauan terpencil Seychelles.

kura-kura tertua

Sejak itu Adwaita menjadi hewan peliharaan turun temurun sebuah keluarga. Namun dikemudian hari Adwaita diberikan sebagai hadiah untuk Jenderal Inggris Robert Clive. Setelah itu jenderal Clive menghibahkan Adwaita ke kebun binatang Calcuta, India dan selamanya hidup damai disana sampai akhir hayatnya di usia 255 tahun pada 2006 lalu.

3. Tuatara (genus Sphenodon)

hewan umur terpanjangTuatara merupakan reptilia yang mirip sekali dengan kadal persilangan buaya, tapi mereka bukanlah bangsa kadal. Binatang endemik asal Selandia Baru ini bisa mencapai umur sampai ratusan tahun.

4. Hiu Greenland berusia 400 Tahun

hewan tertua ratusan tahun

Para ilmuwan dalam jurnal Science mengungkapkan fakta baru bahwa Hiu Greenland menjadi hewan bertulang belakang (vertebrata) dengan umur tertua di Bumi.

Thanks you^^^^^^^^^^^^^^